Saturday 26 December 2009

30 Seconds to Mars - This Is War

oleh : Arif Nugraha R.
Setelah empat tahun band asal Los Angeles 30 Seconds to Mars merilis "A Beautful Lie" pada tahun 2005 lalu, kini band tersebut merilis album terbaru mereka "This Is War" pada bulan Desember 2009 ini. "Escape" adalah lagu pembuka dengan suara vokal yang begitu minim, suara - suara aneh menghantui dan dentuman drum yang berat mengawali perjalanan anda untuk mendengar album ini. Setelah beberapa menit nuansa ambience, lagu ke dua "Night Of The Hunter" langsung diputar. Ini adalah salah satu lagu terbesar dan terbaik dari album ini. Lagu ini, bersama single lain seperti "Kings and Queens", menampilkan ciri khas dari 30 Seconds to Mars dengan lirihnya vokal dari Jared Leto. Dalam "Kings and Queens", 30 Seconds to Mars terdengar seperti campuran antar U2 dengan Angels and Airwaves tetapi diiringi irama punk rock.

Dalam " This is war", vokal Leto dibantu oleh backing group yang terdiri dari ratusan pengemar yang mendatangi preview album dan direkam untuk digunakan di album pada awal tahun 2009. Backing vokal yang terdengar sangat akbar dapat didengar di hampir seluruh track dan membuat track tersebut terdengar lebih keren dari rekaman biasa. Band ini juga mengadakan kompetisi yang mengizinkan foto dari para penggemarnya untuk dijadikan cover album.

"This Is War" adalah album yang akan menyenangkan para penggemarnya, baik itu yang baru maupun yang lama. Album ini menggabungkan berbagai macam suara dari dua album yang sebelumnya dirilis, tapi sedikit lebih progresif. Momen -momen progresif dapat ditemukan di track "Stranger in a Strange Land" dan "L490".

Kesimpulannya, "This Is War" tidak mengecewakan. Album ini patut didengar baik untuk penggemar 30 Seconds to Mars maupun para pencinta musik biasa. Mereka terdengar sama seperti di album "A Beautiful Lie", tapi terdengar lebih epik dan masif, terima kasih kepada dukungan fans yang menyumbang suara di album ini.

Track yang wajib di dengar : "Kings and Queens", "Night of the Hunter", "This Is War", "100 Suns", "Stranger in a Strange Land", "L490".

2 comments:

Trihandoyo said...

Nice review Rif!

30 Seconds to Mars memang mantab. Ex-bassistnya Matt Wachter sekarang berperan penting untuk perkembangan musik Angels and Airwaves. :)

fachri said...

nice..
guw coba ngedengerin ni album dulu

Post a Comment